√ Tercepat dan Efisien tarif bus dari jakarta ke salatiga

√ Tercepat dan Efisien tarif bus dari jakarta ke salatiga



INFORMASI LENGKAP Rute Menuju Kota Salatiga


Untuk Info Supir dan Penjemputan menuju Salatiga Call / SMS / WA 085-746-015-302


Info driver, rute tercepat, angkutan umum, kereta, bis, travel dan semuanya yang akan membantu anda lebih cepat menuju kota Salatiga.

Halo seluruh, kini aku belum akan mem-post tutorial Flask lagi, mungkin besok, hehehe. Sekarang aku akan bercerita tentang daerah aku kini, Salatiga, dan yang paling penting merupakan bagaimana metode untuk bepergian ke sini. Ya, soalnya aku sendiri waktu awal-awal datang ke sini, keder bagaimana caranya, namun kini telah lumayan mengerti :mrgreen:.

Jadi sebagai pengantar, saya sudah kira-kaprah satu bulan tinggal di Salatiga, bekerja di sebuah perusahaan robotik, namanya Formulatrix (silakan cari sendiri pada mbah gugel 😆 ). Sebenarnya letaknya tidak terlalu di kota nya, melainkan telah di pinggir-pinggir. Tidak enaknya, sekiranya berkeinginan cari apa-apa harus agak jauh ke kota. Enaknya, bus antar kota melalui sini :D.

Nah mengenai lokasinya, jadi Salatiga itu, kasarnya, terletak antara Semarang dan Solo di Jawa Tengah. Jadi hal pertama yang pasti: bis jurusan Semarang-Solo ATAU Semarang-Surabaya (yang ini wajib tanya keneknya juga, melalui Salatiga enggak) melewati sini, ongkosnya bervariasi, melainkan umumnya tidak lebih dari Rp. 15.000. Kini berarti lebih gampang ya, kita dapat mulai dengan starting/ending point di Semarang atau Solo.

Secara umum, ada dua transportasi andalan aku kalau mau ke sini. Pertama kereta, kedua bis. Pesawat belum pernah coba, harganya dua kali lipat kereta :lol:. Nah, kita akan bahas keduanya. Perjalanan dari Bandung tentu saja :p Untuk yang dari Jakarta, mungkin bisa mencontoh perjalanan dari Stasiun aja ya, kereta nya cari sendiri :lol:.

Kereta: Melewati Solo
Berangkat: Banyak kereta dari Bandung menuju Solo, seperti Lodaya, Turangga, Malabar, dan lain-lain. Jadwalnya malahan banyak, namun aku biasanya naik yang Lodaya Malam, berangkat jam 19.00, sampai di Solo jam 04.15. Bisa juga naik yang lain, yang terang turun di stasiun Solo Balapan. Jika sudah turun di stasiun, silakan keluar stasiun, karena bis Semarang tidak melalui di dalam stasiun :lol:.

Terbukti bis Semarang tak via juga di depan stasiun. Kita seharusnya ke terminal Tirtonadi, yang jaraknya kaprah-kaprah 1 KM dari stasiun. Tidak terlalu jauh kan? Sekiranya aku lazimnya jalan kaki, tidak sampai separuh jam sudah hingga. Bisa juga naik ojek/becak/taksi, tapi hati-hati ongkosnya yang agak-agak :D. Ojek mematok harga Rp 20.000, becak Rp 30.000, taksi aku belum pernah coba. Jika anda dapat berbahasa Jawa dan piawai menawar, mungkin boleh dicoba menawar para tukang itu. 😛

Jalan dari Stasiun Solo Balapan ke Terminal Tirtonadi
Jalan dari Stasiun Solo Balapan ke Terminal Tirtonadi
Nah, semacam itu sampai terminal, tanya saja terhadap petugas di sana, mana bus menuju Semarang, atau bila mau lebih pasti, tanya melewati Salatiga atau tak. Pilih saja yang paling sedap bus nya, yang executive AC juga harganya sama setahu saya. Nanti tinggal naik, bayar di dalam, dan minta turun di terminal Tingkir saja.

Pulang: Kaprah-kira sama, kita bisa ke Tingkir cari bus arah Solo, atau cegat di depan kantor aku :lol:. Setelah hingga terminal Tirtonadi, jalan ke stasiun Solo Balapan (atau ojek, becak, taksi). Dari sana tinggal pilih kereta yang anda inginkan menuju ke Bandung.

Kereta:via Semarang
Berangkat: Dari Bandung, kereta ke Semarang hanya ada satu: Harina. Kereta itu akan membawamu sampai stasiun Semarang Tawang. Aku kurang tahu jikalau ada yang ke stasiun Semarang Poncol, tetapi berhubung jarak kedua stasiun ini cukup dekat, jadi barometer kita Semarang Tawang saja ya.

Dari stasiun Semarang Tawang, kita akan keluar dan menuju terminal Terboyo. Ternyata jaraknya cukup jauh, dan akan melelahkan jikalau kita jalan kaki. Untungnya, banyak angkutan yang ke arah sana. Ada angkutan kota: cari yang ke arah Genuk, warna oranye, tanya saja melalui Terboyo atau tidak, bis kota: biasanya ada tulisannya ke Terboyo, tetapi tanya saja keneknya kalau tak yakin, dan Bus Trans Semarang: naik yang koridor II seandainya tidak salah, lihat pertanda di halte nya (dekat pintu barat stasiun), atau tanya petugasnya.

Jalan dari Stasiun Semarang Tawang ke Terminal Terboyo
Jalan dari Stasiun Semarang Tawang ke Terminal Terboyo
Naiklah angkutan tersebut, dan turun di terminal Terboyo. Atau, turun di jalan Kaligawe, kemudian menyebrang dan menunggu bus arah Solo di pinggir jalan. Dari sana ya tinggal pilih, bis arah Solo atau arah Surabaya melalui Solo. Jangan lupa tanya keneknya, via Salatiga atau tak, untuk sekadar menetapkan :D. Sesudah ini nikmati perjalanan via Ungaran dan turun di terminal Tingkir Salatiga.

Pulang: Aku sebenarnya belum pernah coba untuk pulang melalui Semarang, melainkan mungkin dapat dengan bus ke Semarang, tanya ke terminal Terboyo atau tak (terminal di Semarang utk bus SMG-SLO ada 2, Terboyo dan Mangkang), turun terminal Terboyo, kemudian ke stasiun Semarang Tawang.

Kereta: via Cirebon
Jadi aku pernah tidak bisa kereta ke Solo maupun Semarang, akibatnya naik kereta ke Cirebon saja, dengan Ciremai Ekspres dan turun di stasiun Cirebon (ini yang di Kejaksan bila tak salah). Dari sini kita akan menuju terminal Harjamukti, dapat dicapai dengan angkutan kota D6 yang ada di jalan depan stasiun (menyebrang dahulu ya, biar tak salah) dan ingat, tanya supirnya sebelum naik.

Jalan dari Stasiun Cirebon ke Terminal Harjamukti
Jalan dari Stasiun Cirebon ke Terminal Harjamukti
Dari terminal Harjamukti, naiklah bis yang menuju Semarang. Sesungguhnya ada juga bis menuju Solo, tetapi aku tak tahu itu melalui Salatiga atau tak. Bus ini akan mengantarkan kita ke semarang, cukup nikmati saja perjalanannya, karena akan memakan waktu cukup banyak, dapat sampai 4-6 jam. Dari bis ini, turun di terminal Mangkang Semarang, yang sebetulnya agak kumuh, tetapi di sana ada banyak bus Semarang-Solo. Naiklah bis yang ke Solo, dan turun di Salatiga.

Bus
Cuma hakekatnya paling sedap, tak usah naik-turun kendaraan, tinggal duduk manis dan tiba-tiba kita sampai tujuan :lol:. Dari Bandung, ada beberapa penyedia bus, seperti Kramat Djati atau Bandung Ekspress yang punya trayek ke Salatiga, tinggal menghampiri saja pool nya (Bandung Ekspress di Jl. Dr. Cipto, Kramat Djati di Jl. Ambon). saja, cuma ada bus malam ke sini, jadi seharusnya nginap di jalan. Dari Salatiga ke Bandung, sama saja, melainkan naik dari terminal Tingkir saja.

Nah, begitulah kira-kira untuk menempuh Salatiga dari Bandung, silakan diaplikasikan jika anda berkeinginan bepergian atau jalan-jalan ke sini. Untuk moda transportasi lainnya saya belum coba, nanti mungkin apabila sudah coba saya akan post lagi di sini, atau Anda punya pengalaman lain? Feel tidak dipungut bayaran to share!

No comments for "√ Tercepat dan Efisien tarif bus dari jakarta ke salatiga"