√ Tercepat dan Efisien salatiga ke semarang berapa jam

√ Tercepat dan Efisien salatiga ke semarang berapa jam



INFORMASI LENGKAP Rute Menuju Kota Salatiga


Untuk Info Supir dan Penjemputan menuju Salatiga 

WA : 085-746-015-302


Info driver, rute tercepat, angkutan umum, kereta, bis, travel dan semuanya yang akan membantu anda lebih cepat menuju kota Salatiga.

Halo seluruh, kini aku belum akan mem-post panduan Flask lagi, mungkin besok, hehehe. Kini saya akan bercerita seputar daerah aku kini, Salatiga, dan yang paling penting ialah bagaimana cara untuk bepergian ke sini. Ya, soalnya saya sendiri waktu awal-permulaan datang ke sini, linglung bagaimana caranya, melainkan sekarang sudah lumayan paham :mrgreen:.

Jadi sebagai pengantar, saya telah kira-kaprah satu bulan tinggal di Salatiga, bekerja di sebuah perusahaan robotik, namanya Formulatrix (silakan cari sendiri pada mbah gugel 😆 ). Sebetulnya lokasinya tidak terlalu di kota nya, tapi telah di pinggir-pinggir. Tidak enaknya, jikalau berharap cari apa-apa wajib agak jauh ke kota. Enaknya, bus antar kota melewati sini :D.

Nah mengenai letaknya, jadi Salatiga itu, kasarnya, berlokasi antara Semarang dan Solo di Jawa Tengah. Jadi hal pertama yang pasti: bus jurusan Semarang-Solo ATAU Semarang-Surabaya (yang ini mesti tanya keneknya juga, melewati Salatiga enggak) melewati sini, ongkosnya bervariasi, tetapi biasanya tidak lebih dari Rp. 15.000. Sekarang berarti lebih mudah ya, kita dapat mulai dengan starting/ending point di Semarang atau Solo.

Secara biasa, ada dua transportasi andalan saya jika mau ke sini. Pertama kereta, kedua bus. Pesawat belum pernah coba, harganya dua kali lipat kereta :lol:. Nah, kita akan bahas keduanya. Perjalanan dari Bandung tentu saja :p Untuk yang dari Jakarta, mungkin dapat mencontoh perjalanan dari Stasiun aja ya, kereta nya cari sendiri :lol:.

Kereta: Lewat Solo
Berangkat: Banyak kereta dari Bandung menuju Solo, seperti Lodaya, Turangga, Malabar, dan lain-lain. Jadwalnya bahkan banyak, tapi aku umumnya naik yang Lodaya Malam, berangkat jam 19.00, hingga di Solo jam 04.15. Dapat juga naik yang lain, yang terang turun di stasiun Solo Balapan. Sekiranya sudah turun di stasiun, silakan keluar stasiun, karena bus Semarang tidak via di dalam stasiun :lol:.

Terbukti bis Semarang tak melewati juga di depan stasiun. Kita mesti ke terminal Tirtonadi, yang jaraknya kaprah-kaprah 1 KM dari stasiun. Tidak terlalu jauh kan? Jika saya umumnya jalan kaki, tidak hingga separo jam telah sampai. Dapat juga naik ojek/becak/taksi, tetapi hati-hati ongkosnya yang agak-agak :D. Ojek mematok harga Rp 20.000, becak Rp 30.000, taksi aku belum pernah coba. Jikalau anda dapat berbahasa Jawa dan pandai menawar, mungkin boleh dicoba menawar para tukang itu. 😛

Jalan dari Stasiun Solo Balapan ke Terminal Tirtonadi
Jalan dari Stasiun Solo Balapan ke Terminal Tirtonadi
Nah, demikian itu sampai terminal, tanya saja terhadap petugas di sana, mana bus menuju Semarang, atau kalau ingin lebih pasti, tanya via Salatiga atau tidak. Pilih saja yang paling nikmat bus nya, yang executive AC juga harganya sama setahu saya. Nanti tinggal naik, bayar di dalam, dan minta turun di terminal Tingkir saja.

Pulang: Kira-kaprah sama, kita dapat ke Tingkir cari bis arah Solo, atau cegat di depan kantor saya :lol:. Sesudah sampai terminal Tirtonadi, jalan ke stasiun Solo Balapan (atau ojek, becak, taksi). Dari sana tinggal pilih kereta yang anda inginkan menuju ke Bandung.

Kereta:melalui Semarang
Berangkat: Dari Bandung, kereta ke Semarang cuma ada satu: Harina. Kereta itu akan membawamu hingga stasiun Semarang Tawang. Aku kurang tahu bila ada yang ke stasiun Semarang Poncol, tetapi berhubung jarak kedua stasiun ini cukup dekat, jadi tolok ukur kita Semarang Tawang saja ya.

Dari stasiun Semarang Tawang, kita akan keluar dan menuju terminal Terboyo. Ternyata jaraknya cukup jauh, dan akan melelahkan jika kita jalan kaki. Untungnya, banyak angkutan yang ke arah sana. Ada angkutan kota: cari yang ke arah Genuk, warna oranye, tanya saja melalui Terboyo atau tak, bis kota: umumnya ada tulisannya ke Terboyo, tetapi tanya saja keneknya bila tidak yakin, dan Bis Trans Semarang: naik yang koridor II jikalau tidak salah, lihat tanda di tempat pemberhentian nya (dekat pintu barat stasiun), atau tanya petugasnya.

Jalan dari Stasiun Semarang Tawang ke Terminal Terboyo
Jalan dari Stasiun Semarang Tawang ke Terminal Terboyo
Naiklah angkutan hal yang demikian, dan turun di terminal Terboyo. Atau, turun di jalan Kaligawe, kemudian menyebrang dan menunggu bus arah Solo di pinggir jalan. Dari sana ya tinggal pilih, bus arah Solo atau arah Surabaya via Solo. Jangan lupa tanya keneknya, melewati Salatiga atau tidak, untuk sekadar memutuskan :D. Setelah ini nikmati perjalanan via Ungaran dan turun di terminal Tingkir Salatiga.

Pulang: Saya hakekatnya belum pernah coba untuk pulang lewat Semarang, namun mungkin dapat dengan bis ke Semarang, tanya ke terminal Terboyo atau tak (terminal di Semarang utk bus SMG-SLO ada 2, Terboyo dan Mangkang), turun terminal Terboyo, kemudian ke stasiun Semarang Tawang.

Kereta: melewati Cirebon
Jadi saya pernah tak bisa kereta ke Solo maupun Semarang, kesudahannya naik kereta ke Cirebon saja, dengan Ciremai Ekspres dan turun di stasiun Cirebon (ini yang di Kejaksan kalau tidak salah). Dari sini kita akan menuju terminal Harjamukti, dapat dicapai dengan angkutan perkotaan D6 yang ada di jalan depan stasiun (menyebrang dulu ya, biar tak salah) dan ingat, tanya supirnya sebelum naik.

Jalan dari Stasiun Cirebon ke Terminal Harjamukti
Jalan dari Stasiun Cirebon ke Terminal Harjamukti
Dari terminal Harjamukti, naiklah bus yang menuju Semarang. Sebenarnya ada juga bis menuju Solo, tapi aku tak tahu itu melewati Salatiga atau tidak. Bis ini akan mengantarkan kita ke semarang, cukup nikmati saja perjalanannya, karena akan memakan waktu cukup banyak, dapat sampai 4-6 jam. Dari bus ini, turun di terminal Mangkang Semarang, yang sebetulnya agak kumuh, namun di sana ada banyak bis Semarang-Solo. Naiklah bus yang ke Solo, dan turun di Salatiga.

Bis
Hanya sebenarnya paling sedap, tak usah naik-turun kendaraan, tinggal duduk manis dan tiba-tiba kita hingga tujuan :lol:. Dari Bandung, ada sebagian penyedia bus, seperti Kramat Djati atau Bandung Ekspress yang punya trayek ke Salatiga, tinggal menghampiri saja pool nya (Bandung Ekspress di Jl. Dr. Cipto, Kramat Djati di Jl. Ambon). saja, cuma ada bis malam ke sini, jadi sepatutnya nginap di jalan. Dari Salatiga ke Bandung, sama saja, namun naik dari terminal Tingkir saja.

Nah, begitulah kira-kaprah untuk menempuh Salatiga dari Bandung, silakan digunakan apabila anda mau bepergian atau jalan-jalan ke sini. Untuk moda transportasi lainnya aku belum coba, nanti mungkin kalau sudah coba saya akan post lagi di sini, atau Anda punya pengalaman lain? Feel tidak dipungut bayaran to share!

1 comment for "√ Tercepat dan Efisien salatiga ke semarang berapa jam"

  1. This is how my colleague Wesley Virgin's report starts with this shocking and controversial video.

    You see, Wesley was in the army-and shortly after leaving-he unveiled hidden, "MIND CONTROL" tactics that the CIA and others used to get whatever they want.

    THESE are the exact same secrets tons of celebrities (especially those who "come out of nowhere") and the greatest business people used to become rich and successful.

    You probably know how you use less than 10% of your brain.

    Mostly, that's because most of your BRAINPOWER is UNTAPPED.

    Maybe that thought has even occurred INSIDE your own brain... as it did in my good friend Wesley Virgin's brain seven years back, while riding an unregistered, garbage bucket of a vehicle without a driver's license and $3.20 in his bank account.

    "I'm absolutely frustrated with going through life check to check! Why can't I turn myself successful?"

    You've been a part of those those types of questions, isn't it right?

    Your success story is waiting to start. You just need to take a leap of faith in YOURSELF.

    CLICK HERE TO LEARN WESLEY'S METHOD

    ReplyDelete

Post a Comment