√ Tercepat dan Efisien jarak dari salatiga ke jogja

√ Tercepat dan Efisien jarak dari salatiga ke jogja



INFORMASI LENGKAP Rute Menuju Kota Salatiga


Untuk Info Supir dan Penjemputan menuju Salatiga 

WA : 085-746-015-302


Info driver, rute tercepat, angkutan umum, kereta, bis, travel dan semuanya yang akan membantu anda lebih cepat menuju kota Salatiga.

Halo segala, kini saya belum akan mem-post panduan Flask lagi, mungkin satu hari setelah hari ini, hehehe. Kini saya akan bercerita perihal daerah aku sekarang, Salatiga, dan yang paling penting ialah bagaimana metode untuk bepergian ke sini. Ya, soalnya saya sendiri waktu awal-awal datang ke sini, kebingungan bagaimana caranya, melainkan kini telah lumayan mengerti :mrgreen:.

Jadi sebagai pengantar, aku sudah kira-kaprah satu bulan tinggal di Salatiga, bekerja di sebuah perusahaan robotik, namanya Formulatrix (silakan cari sendiri pada mbah gugel 😆 ). Hakekatnya letaknya tidak terlalu di kota nya, tapi telah di pinggir-pinggir. Tak enaknya, sekiranya ingin cari apa-apa semestinya agak jauh ke kota. Enaknya, bus antar kota via sini :D.

Nah mengenai letaknya, jadi Salatiga itu, kasarnya, terletak antara Semarang dan Solo di Jawa Tengah. Jadi hal pertama yang pasti: bis jurusan Semarang-Solo ATAU Semarang-Surabaya (yang ini wajib tanya keneknya juga, melewati Salatiga enggak) via sini, ongkosnya bervariasi, namun umumnya tak lebih dari Rp. 15.000. Sekarang berarti lebih gampang ya, kita dapat mulai dengan starting/ending point di Semarang atau Solo.

Secara umum, ada dua transportasi andalan aku kalau berkeinginan ke sini. Pertama kereta, kedua bis. Pesawat belum pernah coba, harganya dua kali lipat kereta :lol:. Nah, kita akan bahas keduanya. Perjalanan dari Bandung tentu saja :p Untuk yang dari Jakarta, mungkin bisa meniru perjalanan dari Stasiun aja ya, kereta nya cari sendiri :lol:.

Kereta: Melewati Solo
Berangkat: Banyak kereta dari Bandung menuju Solo, seperti Lodaya, Turangga, Malabar, dan lain-lain. Jadwalnya malahan banyak, melainkan aku biasanya naik yang Lodaya Malam, berangkat jam 19.00, sampai di Solo jam 04.15. Dapat juga naik yang lain, yang terang turun di stasiun Solo Balapan. Bila telah turun di stasiun, silakan keluar stasiun, karena bus Semarang tidak via di dalam stasiun :lol:.

Rupanya bis Semarang tidak melalui juga di depan stasiun. Kita mesti ke terminal Tirtonadi, yang jaraknya kaprah-kaprah 1 KM dari stasiun. Tak terlalu jauh kan? Bila aku biasanya jalan kaki, tak sampai separo jam sudah sampai. Dapat juga naik ojek/becak/taksi, namun hati-hati ongkosnya yang agak-agak :D. Ojek mematok harga Rp 20.000, becak Rp 30.000, taksi saya belum pernah coba. Kalau anda dapat berbahasa Jawa dan pandai menawar, mungkin boleh dicoba menawar para tukang itu. 😛

Jalan dari Stasiun Solo Balapan ke Terminal Tirtonadi
Jalan dari Stasiun Solo Balapan ke Terminal Tirtonadi
Nah, seperti itu hingga terminal, tanya saja kepada petugas di sana, mana bus menuju Semarang, atau jika berharap lebih pasti, tanya lewat Salatiga atau tak. Pilih saja yang paling sedap bis nya, yang executive AC juga harganya sama setahu aku. Nanti tinggal naik, bayar di dalam, dan meminta turun di terminal Tingkir saja.

Pulang: Kaprah-kaprah sama, kita bisa ke Tingkir cari bus arah Solo, atau cegat di depan kantor saya :lol:. Sesudah hingga terminal Tirtonadi, jalan ke stasiun Solo Balapan (atau ojek, becak, taksi). Dari sana tinggal pilih kereta yang anda inginkan menuju ke Bandung.

Kereta:via Semarang
Berangkat: Dari Bandung, kereta ke Semarang cuma ada satu: Harina. Kereta itu akan membawamu sampai stasiun Semarang Tawang. Saya kurang tahu seandainya ada yang ke stasiun Semarang Poncol, melainkan berhubung jarak kedua stasiun ini cukup dekat, jadi patokan kita Semarang Tawang saja ya.

Dari stasiun Semarang Tawang, kita akan keluar dan menuju terminal Terboyo. Ternyata jaraknya cukup jauh, dan akan melelahkan apabila kita jalan kaki. Untungnya, banyak angkutan yang ke arah sana. Ada angkutan perkotaan: cari yang ke arah Genuk, warna oranye, tanya saja lewat Terboyo atau tidak, bus kota: umumnya ada artikelnya ke Terboyo, tapi tanya saja keneknya sekiranya tak yakin, dan Bus Trans Semarang: naik yang koridor II seandainya tak salah, lihat pedoman di halte nya (dekat pintu barat stasiun), atau tanya petugasnya.

Jalan dari Stasiun Semarang Tawang ke Terminal Terboyo
Jalan dari Stasiun Semarang Tawang ke Terminal Terboyo
Naiklah angkutan tersebut, dan turun di terminal Terboyo. Atau, turun di jalan Kaligawe, kemudian menyebrang dan menunggu bis arah Solo di pinggir jalan. Dari sana ya tinggal pilih, bis arah Solo atau arah Surabaya via Solo. Jangan lupa tanya keneknya, melalui Salatiga atau tak, untuk sekadar mempertimbangkan :D. Setelah ini nikmati perjalanan melalui Ungaran dan turun di terminal Tingkir Salatiga.

Pulang: Aku sesungguhnya belum pernah coba untuk pulang lewat Semarang, namun mungkin bisa dengan bus ke Semarang, tanya ke terminal Terboyo atau tak (terminal di Semarang utk bus SMG-SLO ada 2, Terboyo dan Mangkang), turun terminal Terboyo, kemudian ke stasiun Semarang Tawang.

Kereta: melalui Cirebon
Jadi aku pernah tak bisa kereta ke Solo ataupun Semarang, akhirnya naik kereta ke Cirebon saja, dengan Ciremai Ekspres dan turun di stasiun Cirebon (ini yang di Kejaksan jika tidak salah). Dari sini kita akan menuju terminal Harjamukti, bisa dicapai dengan angkot D6 yang ada di jalan depan stasiun (menyebrang dahulu ya, biar tidak salah) dan ingat, tanya supirnya sebelum naik.

Jalan dari Stasiun Cirebon ke Terminal Harjamukti
Jalan dari Stasiun Cirebon ke Terminal Harjamukti
Dari terminal Harjamukti, naiklah bus yang menuju Semarang. Hakekatnya ada juga bus menuju Solo, tapi aku tidak tahu itu via Salatiga atau tidak. Bis ini akan mengantarkan kita ke semarang, cukup nikmati saja perjalanannya, karena akan memakan waktu cukup banyak, dapat hingga 4-6 jam. Dari bis ini, turun di terminal Mangkang Semarang, yang sebenarnya agak kumuh, melainkan di sana ada banyak bus Semarang-Solo. Naiklah bis yang ke Solo, dan turun di Salatiga.

Bis
Hanya sebenarnya paling enak, tidak usah naik-turun kendaraan, tinggal duduk manis dan tiba-tiba kita sampai tujuan :lol:. Dari Bandung, ada beberapa penyedia bis, seperti Kramat Djati atau Bandung Ekspress yang punya trayek ke Salatiga, tinggal menghampiri saja pool nya (Bandung Ekspress di Jl. Dr. Cipto, Kramat Djati di Jl. Ambon). saja, hanya ada bis malam ke sini, jadi seharusnya nginap di jalan. Dari Salatiga ke Bandung, sama saja, tapi naik dari terminal Tingkir saja.

Nah, begitulah kaprah-kaprah untuk mencapai Salatiga dari Bandung, silakan digunakan jika anda mau bepergian atau jalan-jalan ke sini. Untuk moda transportasi lainnya aku belum coba, nanti mungkin bila telah coba aku akan post lagi di sini, atau Anda punya pengalaman lain? Feel gratis to share!

1 comment for "√ Tercepat dan Efisien jarak dari salatiga ke jogja"

  1. In this manner my associate Wesley Virgin's autobiography begins in this SHOCKING AND CONTROVERSIAL video.

    You see, Wesley was in the military-and soon after leaving-he revealed hidden, "SELF MIND CONTROL" secrets that the government and others used to get anything they want.

    THESE are the EXACT same tactics lots of famous people (notably those who "come out of nowhere") and elite business people used to become wealthy and successful.

    You probably know that you use only 10% of your brain.

    That's really because the majority of your brain's power is UNCONSCIOUS.

    Maybe this expression has even taken place INSIDE your own head... as it did in my good friend Wesley Virgin's head seven years ago, while riding a non-registered, garbage bucket of a car with a suspended driver's license and with $3 in his bank account.

    "I'm very frustrated with going through life paycheck to paycheck! Why can't I turn myself successful?"

    You've taken part in those conversations, ain't it so?

    Your very own success story is going to start. All you need is to believe in YOURSELF.

    CLICK HERE To Find Out How To Become A MILLIONAIRE

    ReplyDelete

Post a Comment